Friday, July 14, 2006

Chapter 3: From Guang Zhou to Xiamen

Terbangun. Masih di dalam bus. Loh, kok ga jalan sih busnya..? liat-liat keluar lewat kaca jendela. Lagi di jalan tol. Kiri kanannya seperti perkebunan gitu. Tapi bukan spt perkebunan karet ato kelapa sawit di Sumatra yang kesannya serem banget.

Turun dari bus, ternyata maceeet! Ga tau kenapa, tapi semua kendaraan berhenti. Oh iya, berhubung Felix dah ga ada dan supirnya ga bisa Bahasa Inggris, jadinya ga bisa tanya2 supir. Lama banget macetnya. Sekitar 2 jam. Jadinya waktu luang dipake buat foto2 (teteup :D). Walopun sebentar2 hujan rintik2.. trus brenti.. trus ujan lagi. Ga jelas. Eh, tapi macet di Cina itu keren juga lho. Walopun ada lajur jalan yang kosong, ga ada kendaraan yang menyalip ato nyerobot mo ngedulu2in. Semua berhenti aja gitu. Padahal klo di Indonesia, semua orang ntah kenapa dengan sok jagonya nyelip2 di setiap sisi jalan yang kosong, sampe semua kendaraan akhirnya stuck dan macetnya makin parah.

Abis dari lokasi macet, perjalanannya lancar ke Xiamen. Sampe di Xiamen, muter-muter dulu nyari lokasi penginapan. Yang dituju pertama adalah penginapan untuk rombongan di luar penginapan resmi panitia. Namanya J-Inn. Sering diplesetin aja biar gampang, jadi "Jin" :D Supir busnya agak lemot juga dalam mencari J-Inn, walopun dah tanya2 orang di jalan. Sampe2 kita bisa mengira2 sendiri mesti ke arah mana, dan bener tnyata, J-Inn nya ketemu. So, sebagian rombongan check in di J-Inn, me included, dan sebagian lagi nerusin perjalanan ke penginapan dari panitia World Choir Games-nya yaitu di Dormitory-nya Middle School No. 8 (Alias SMP Negeri 8, versi Indo :P)

Aku dapat kamar 401, bareng Sahat. Wuaaah, kamarnya enak. Fasilitasnya juga asyik. Padahal sebelum ke Cina dah diwanti-wanti untuk ga berharap banyak dari akomodasi yang tersedia di Cina. Di kamar untuk 2 orang itu ada 1 tempat tidur gede banget dan 1 tempat tidur gede saja. Klo mau bisa aja sih itu kamar dihuni 3 orang dan tetap nyaman. Klo mau maksa lagi, kasur gede banget itu bisa ditiduri 3 orang dan kasur gede ditiduri 2 orang, total: 5 penghuni kamar, dan itu rasanya masih fine2 aja. Bayaran per kamar per harinya sekitar $25. Jadi biaya inap tiap orang per hari sekitar Rp.125.000 (CMIIW, Hat!). Yang nginap di J-Inn di season I World Choir Games itu ada 24 orang. Ohh, di kamar Mas Jodi dan kamar Mas Indra di lantai 5, malah ada fasilitas internet gratis. Hasilnya kamar mereka jadi warnet di malam hari :D Di lantai dasar dekat resepsionis juga ada fasilitas internet. Ohh, pegawai Inn itu ga semuanya bisa bahasa Inggris. Dari sekitar 15 pegawai yang kutemui, cuma ada 1 pegawai yang cukup bisa Bahasa Inggris, dan 2 pegawai yang megap-megap Bahasa Inggrisnya. Sisanya bahasa tubuh dan cengar-cengir,hehehe..:-j

Oh iya, kenapa dari Indo ga langsung ke Xiamen aja? Malah pake mampir ke Guang Zhou dulu yg berjarak 10 jam perjalanan darat dr Xiamen? Simple answer: Ga punya duit bo'. Jadi perjalanan yang spt buang2 waktu dan tenaga itu dilakukan karena lebih murah dari segi pengeluaran duitnya. Tapi asyik2 aja kok B-)

No comments: