Tuesday, May 13, 2008

Kebakaran

Pas lagi ada kelas pagi, tiba2 ada kabar kalau Gedung Fakultas Arsitektur (Bouwkunde) TU Delft, kebakaran sekitar jam 9.30.


Kasian banget mahasiswa2 dan dosen2 gedung itu. Kebayang kalau ada yang lagi ngerjain thesis dan bahan2nya disimpan di gedung itu (entah maket, ato dokumen hard copy, ato apalah) terpaksa kehilangan hasil kerjaannya selama ini. Tadi temanku bilang dia liat beberapa orang yang nangis di lokasi kebakaran itu. Sedihnya.. Untungnya, 200-300 orang yang ada di dalam gedung berhasil dievakuasi dan ga ada korban sampai sejauh ini.

Kebakaran katanya bermula dari lantai 5 6. Penyebabnya (menurut info yang beredar) adalah korsleting.. eh, apa ya istilah sebenernya. Di bahasa Inggris mungkin short circuit. Pas diterjemahin ke bahasa Belanda, hasilnya kortsluiten. Bener itu deh keknya, hehe.

Korsletingnya karena ada bocor di saluran air dan kebetulan air yang bocor sampe ke mesin minuman yang kebetulan juga rusak. Berkobarlah sang api..

Tadi ketemu Daniel, yang tinggal di Balthasar Van Der Polweg (Balpol) di seberang gedung Bouwkunde, di Aula. Katanya anak2 yang tinggal di Balpol diminta mendaftarkan diri ke Aula karena untuk sementara mereka akan di evakuasi. Kemungkinan untuk menghindari kemungkinan kebakaran lanjutan karena sampe sekarang si Bouwkunde masih terbakar. Juga untuk menghindari gangguan asap kebakaran sama kemungkinan keracunan asbes (gedung Bouwkunde itu gedung tua yang mungkin masih make asbes, demikian menurut info Pak Boss Anggara yang flash disk dan hard disk eksternalnya masih tertinggal di dalam gedung itu.. Tabah ya..)

Ini video kebakaran Bouwkunde yang diambil dari situs www.dumpert.nl:



Sampai semalam ini, si gedung Bouwkunde itu masih terlihat berasap tebal dari jendela kamarku di lantai 13.

Update dari email ke seluruh mahasiswa:
The fire brigade is continuously taking measurements. It has been confirmed that no dangerous concentrations of harmful particles have been found. The limited amount of asbestos present in the building has not shown up in the measurements.

Students and staff members of the Faculty of Architecture are invited to attend a meeting on Wednesday 14 May at 9.00am in the Aula Congress Centre. During the meeting a further explanation will be given concerning today's fire and the options for emergency accommodation will be discussed.

From Wednesday onwards an information desk will be open from 09.00 to 17.00 in the Aula entrance hall (ITU-desk) where students and staff members can obtain information. There will be specialists available who can help to answer questions and solve issues arising from the fire.


1 comment:

Anonymous said...

turut berduka ya...
terutama karena itu gedung arsitektur, nawon?? (_ _')
setidaknya musibah ini menjadi pengingat petinggi kampus untuk memperhatikan perawatan bangunan tua dan tantangan para insinyur bangunan untuk menciptakan bangunan yang relatif lebih aman dari kebakaran dan tahan api... (- - )d