Wednesday, June 27, 2012

Seberapa cerdaskah anda?

Seberapa cerdaskah anda? Begitu katanya.

Saat membuka sebuah halaman dari Scribd.com, muncul sebuah iklan yang mengganggu saya. Mengganggu bukan dalam artian karena tidak ingin melihat iklan, tapi mengganggu karena konten dari iklan itu sendiri. Sudah saya coba abaikan saja, tapi tetap tergelitik untuk menuliskannya sebagai sebuah entri di blog ini.

Masalahnya ada pada pertanyaannya yang menanyakan kecerdasan tapi kemudian mengukurnya dengan cara melihat pola angka pada gambar penuh bulatan warna-warni.

Gambar itu setipe dengan (atau malah mungkin diambil dari) Ishihara Color Test. Tes yang bisa digunakan untuk menentukan apakah seseorang buta warna atau tidak. Jadi sama sekali tidak ada hubungannya dengan kecerdasan.

Tapi ya mau gimana lagi, pembuat iklannya sepertinya juga bukan benar-benar mau mengarahkan untuk uji kecerdasan. Buktinya kalau kita mau mouse over di atas 3 pilihan jawaban (atau di bagian apapun dari iklan itu), URL yang dituju tetap hanya satu, yaitu :


yang juga merupakan iklan, yang kalau ditutup akan berakhir di website ini:

Jadi tenang saja wahai rekan-rekan sesama buta warna (parsial maupun total), tidak bisa menjawab pertanyaan itu bukan berarti anda tidak cerdas. Pembuat iklan yang bertanya itu yang tidak cerdas.

Jadi, seberapa cerdaskah anda? Sorry, pertanyaan iklan anda yang kurang cerdas.

4 comments:

Ismail Habib said...

terlalu cerdas? :P

Credo said...

siapanya? :D

Ismail Habib said...

siapa lagi? PHB dong :D

Credo said...

halaahh, haha :D