Wednesday, September 20, 2006

Deep Sea Angler

Itu sih namanya dalam Bahasa Inggris. Nama Indonesianya apa ya? Ikan Lentera? Aku pertama kali liat ikan jenis ini dari buku Ensiklopedia Ikan yang dibeli mamaku dari sales yang datang ke rumah. Intinya sih, ini salah satu jenis ikan laut dalam. Penampakannya emang jelek dan nyeremin yaa..

Fitur yg menarik dari ikan ini ya lentera-nya itu. Istilah lain untuk lenteranya adalah Photophore. Lentera itu dipake untuk memancing calon mangsa untuk mendekat (Walopun yang kebayang, tampang si ikan ini makin serem dengan ada cahaya di depan mukanya :evil:). Tadinya kukira si lentera itu selalu nyala, tapi ternyata dari artikel-artikel yang kubaca si lentera itu ON OFF. Dari artikel lain lagi, ternyata yang bikin nyala lenteranya itu adalah keberadaan bakteri-bakteri khusus yang menguasai teknologi (walaah..) bernama Bioluminescence. Persis seperti kunang-kunang. Btw, brarti si bakteri dan si Deep Sea Angler itu bersimbiosis mutualisma dong? Hmm, tampaknya demikian. Perlu baca2 lebih lanjut :D

Lenteranya itu kan emang menarik perhatian banget, tapi ternyata ada lagi hal yang unik dari si Deep Sea Angler ini. Yaitu kehidupan seksualnya (kyahahaha.. :)))
Jadi ya, seperti beberapa makhluk hidup lain, Deep Sea Angler yang betina emang lebih populer dan mencolok. Deep Sea Angler yang jantan ukuran tubuhnya lebih kecil dan beda dari yang betinanya (Yup, gambar yang beredar pada umumnya itu gambar ikan betina). Terkait dengan kehidupan seksualnya, si jantan ini harus menggigit si betina di sisi tubuhnya dan nempel di situ dengan menggunakan gigi seperti kait. Setelah nempel, pembuluh darahnya akan bersatu dengan pembuluh darah si betina, dan bakal selama hidupnya dapat supply makanan dari betina. Jadi seperti parasitlah. Nah, setelah nempel itu jugalah baru si jantan bisa ngoper sperma untuk melanjutkan kehidupan generasi selanjutnya. Satu betina bisa ditempeli beberapa jantan lho. Hee, kayak selebriti aja ya :D Klo ada jantan yang gagal nempel di betina, ya matilah dia kelaparan. Pejantan yang malang.. :D

7 comments:

Johanamay said...

wakakaka....kan, cucian deh lo *good idea*, kebetulan lagi refreshing mau nyari angin segar...baca postingan begene informatif bro :)

ime' said...

mmmm... betina lebih besar dari jantan...

mmm...

*kenapa dicipta'in gitu yah?*

Anonymous said...

Wow, sisi seksualnya unik banget. Apa kerjaan si jantan kalo udah nempel selain ngirim sp****??

Credo said...

@Yoan: Hehehe, iya. Cuma itu fungsi si jantan.

@Ime': Hehehe, ga tau juga ya. Tp emang ada kan spesies2 lain yg betinanya lebih gede drpd jantannya. Ntar tak cari contoh lain d.

@Donny: Hei Don.. Wahaha, ga ada kerjaan lain si jantan itu.. Klo ga salah dia mengalami athropi dan hanya menjadi kelenjar gonad buat si betina. Eh iya, ini bisa jadi termasuk hermaphrodite ga ya? Tapi kan ga sejak dia lahir ya.. hmm..

Samalona said...

dulu pernah liat di komik serial Deni Manusia Ikan, tapi kalo ga salah prewakannya sedikit lebih ramah, gt.
Punya ikan2 deep sea lainnya?

Alunk said...

welah asal plesetan...lumayan bro, bisa ilangin stress....
tp tuh bener ada g' ya ikan serem itu...???jd pingin makan aja gua...;))wkakkaka

Bambang Trismawan said...

dalam bahasa indonesia itu ikan namanya iklan lampu teplok
atau ikan lampu petromak..
hahahaha.....

trus tanya..saklar ON/OFF di pasang mana y?
hehhee

ada lagi postingan ttg ikannya Mas. lagi cari tulisan yang kayak tulisan di atas nih..