Thursday, September 08, 2005

Bahayanya mengaktifkan ponsel di pesawat

Masih terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Mandala Airlanes di Medan, muncul beberapa dugaan mengenai penyebab kecelakaan itu. Salah satunya itu dugaan sinyal2 ponsel yang mengganggu sistem yang terkait dengan penerbangan sehingga pesawat akhirnya tidak bisa terbang sempurna dan terjadilah kecelakaan.

Beneran juga sih.. Tiap naik pesawat kan ada pemberitahuan dari pramugari/a untuk matiin HP saat melakukan penerbangan.. eh, ato saat take off & landing aja yah?(rada ga ingat jg, tapi aku sih selalu matiin aja selama perjalanan.. Sekali2 asyik juga hidup tanpa interupsi HP :p).

Nah, klo dr apa yg aku liat sendri dan mengingat kebiasaan masyarakat Indonesia, cukup sering juga peraturan di pesawat itu dilanggar. Heran juga.. ntah karena emang ngeyel, ato saking cueknya jadinya ga dengerin si pramugari/a itu ngomong apa..

Berikut ini potongan fakta-fakta gangguan pada penerbangan yang terjadi akibat pengaktifan ponsel di pesawat:
1. Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja lepas landas dari bandara Zurich, Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.

2. Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata, sebuah ponsel di dalam kopor di bagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.

3. Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang final approach untuk mendarat di bandara Heathrow, London. Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD player, dan electronic game masing-masing (The Australian, 23-9-1998).
Yahh, semoga sosialisasi tentang hal ini makin baik dan makin banyak orang yang tau tentang bahaya penggunaan ponsel ini. Dan juga semoga orang-orang yang udah tau juga berani untuk mengingatkan orang yang 'bandel' di pesawat (kali aja blom sadar bahayanya..)

2 comments:

ybs said...

Saat ini mungkin teknologinya belum memungkinkan kaka. Interferensi gelombang menyebabkan gangguan pada sistem navigasi pesawat. Tapi isu ini sedang dibahas agar nantinya perangkat wireless dapat digunakan di dalam penerbangan. Artikelnya bisa dibaca disini

ps: permission to link ur blog kaka :)

Credo said...

Waw.. Thanks for the article yeah.. Nice one to know.. Jadi mo ngepost lagi ttg ini ^_^

Sure you can link me. Skalian aku minta ijin link balik ya..