Monday, October 17, 2005

"Neng, Caheum Neng..!!"

Suatu hari di bulan september, di dalam angkot Caheum-Ledeng melalui Taman Sari di antara ITB dan Sabuga, menuju kostku di Cipaganti. Ada 2 orang di bangku depan bersama supir. Yang satu sepertinya teman si supir, Bapak-bapak.. Satunya lagi cewek, berumur sekitar 25-an. Aku duduk di tepat di belakang supir, dengan ada 2 orang lagi duduk di pojok.

Di pintu gerbang belakang ITB itu ada serombongan mahasiswa/i yang berdiri nungguin angkot, sambil ngobrol. Supir angkot-ku memelankan angkotnya dan menghampiri rombongan itu, mengklakson, dan berseru,

"Ledeng.. Ledeng..!" (dgn logat Batak kebetulan =D)
(tak ada reaksi..)

"Ledeng A', Neng!" (memiringkan tubuhnya ke arah rombongan itu)
(tetap ga ada reaksi..)

Akhirnya si Bapak supir meng-gas dan beranjak meninggalkan rombongan itu.
Teman Supir : "Payah, kok diam aja sih.. Bilang ngga kek, geleng kepala kek!"
Cewek depan : "Iya, aneh sekali. Apa susahnya sih geleng kepala aja.. Malah pura-pura ga liat lagi.."
dst..dst.. (pembicaraan berlanjut ke kepekaan sosial dan kepekaan pejabat2 di pemerintahan)

Dalam hati aku setuju dengan mereka. Segitu ga pedulinyakah? Emang sih rombongan itu lagi ngobrol, tapi ga mungkin mereka ga sadar klo si angkot itu dah ada di sebelah mereka. Emang mereka ga menghentikan si angkot, tapi toh ga ada salahnya merespon teriakan si sopir angkot. Justru itu mesti dilakukan. Bukannya justru pura-pura ga liat dan ga denger..

Dan peristiwa kayak gitu ga cuma aku liat sekali itu. Tadi pagi waktu aku baru aja naik angkot Cicaheum-Ciroyom ke kantor (hehe,masih pengguna angkot. BBM mahal dan angkot masih lebih praktis :p) sopirnya berteriak ke seorang cewek di seberang jalan, "Caheum Neng!". Si neng itu, yang tadinya ngeliat angkot, langsung memalingkan wajah.

Yahh, things like those really happen in our society. Kita jangan sampe kayak gitu ya.. (paling ngga yang baca blog ini ya) ^_^

9 comments:

Chietz said...

Jadi inget..

Sejak BBM naik dan angkot Cisitu ke kampus juga ikut naik jadi 1000 perak, akhirnya tiap mau ke kampus lebih milih jalan kaki [hemat dan sehat!]. Masalahnya, kosku ada di dalam gang, trus dalam perjalanan di gang menuju ke jalan Cisitu, biasanya suka ada tukang angkot yang ngeliat aku lagi jalan. Jadi pas aku udah nongol di jalan, taunya si angkotnya udah nungguin di luar gang. Mau geleng2 dan bilang kalo aku mau jalan kaki aja teh ga enak sama supirnya. Abisnya udah nungguin gitu.. Jadi aja naik angkot.

It happened so many times, benar-benar merusak program penghematan...

Bie said...

My take..

Tergantung sih NDC. Dulu ngegelengin kepala sama angkot itu salah satu hal yang gue bilang ke temen gue, "Kalo ada angkot, jalan pelan, terus nawarin, harus ngegeleng, kalo nggak dia bener2 sampe berenti loh.." Soalnya ini juga kejadian sama gue waktu hari2 pertama gue di Bandung. Yang mana gue gak ngegeleng, toh itu kan kasus 0 atau 1. Kalo gak 1, ya pasti 0. Hehehehe..

Menurut gue gak ngewaro itu termasuk mekanisme orang buat ngelindungin diri secara sosial (ribet amat). Tapi yang jelas, soalnya suka kan ada kasus yang..

Angkot: "Caheum, neng, caheum.."
Neng: *geleng-geleng*
Angkot: "Lah, ka mana atuh neng? Sok mang anter.."

Jadi mereka ya mendingan gak ngewaro dari awal. Toh kalo misalnya mereka mau ke Caheum ya mereka bakalan naek tanpa harus ditunjukin jurusannya pula.

Tapi gue gak termasuk yang kayak gitu kok. Gue termasuk orang yang bilang, "Nein, danke.." Kalo ditawarin koran2 atau brosur2 di jalanan, "Nein, leider nicht." Kalo ada homeless people minta duit kecil, atau geleng2 kalo gue gak ngerti mereka ngomong apa. :p Atau ya pas kasus arangkot begini..

Loh kok panjang???? 8-}

Credo said...

@Chietz: Hehe, klo mo geleng2 dr ujung gang susah jg ya :p

@Bie: Hwahaha, comment-nya panjang ya.. bisa jadi 1 post sendiri =D Bener.. Kadang emang ada supir angkot yang gitu. Maksa naik, ceritanya..

raizamn said...

hah chietz, sama dong, jalan kaki lebih sehat, lebih hemat

tapi juga lebih gempor, kalo dah pulang tuh pengennya langsung tidur, tapi inget belum buka, jadi buka dulu baru tidur :p

Di said...

Huaah sering banget tuh kejadian kek gitu
tapikadang tukang angkotanya juga keterlaluan suka maksa anek :))

TRie said...

Klo, seingat aku sih, ak selalu mengusakan dengan melambaikan tangan seperti dadah gituu, yg artinya: ngga, moal, alim, embung, emoooh, tidaak, oh noooo !! LOL

ranids said...

Haaa...kalo kyk gini emang kasus nyebelin. Yg bnyk juga, kalo anak2 sekolah pada ngumpul di pinggir jalan, ditawarin naik ama sopir angkotnya ga naik2, pdhl dah ditungguin, eh pas angkotnya mau jalan dia malah naik aduuuh...trus jalannya lelet lagi adek2 itu...ga tau ya, ada yg buru2... hmmm cuma bisa ngelus dada deh...sabaaaarrr :)

mellyana said...

maap tapi gue tipe yang bakal ngegeleng. makanya gue pikir harusnya ada halte, emang kalo orang mau nyebrang harus ditawarin angkot ya? udah gitu pake ngalangin mau nyebrang. keselllll banget banget (beneran deh, gue bener bener bete ama angkot yang suka nawar2in angkot)

kekekekek

Anonymous said...

What a great site
» » »